Categories
Uncategorized

Cara Merawat Genset Maxtron Yang Benar

Barang dengan kualitas sebagus apapun, apabila tidak dirawat dengan baik akan cepat rusak. Begitu juga dengan genset Maxtron, walaupun genset merek ini memiliki kualitas yang bagus dan merupakan genset terbaik di kelasnya, kalau anda tidak merawatnya dengan baik, membiarkannya terkena terik sinar matahari, hujan dan lain sebagainya, mungkin hanya dalam hitungan beberapa bulan saja genset tersebut bisa rusak. Padahal genset adalah sumber cadangan listrik ketika terjadi pemutusan listrik utama oleh PLN. Apabila ternyata pemadaman listrik secara tiba-tiba dan genset anda rusak, maka sama saja anda tidak dapat melakukan apapun. Oleh sebab itulah anda harus melakukan perawatan genset dengan baik, terutama bila genset Maxtron terbaik atau genset merek lainnya sering anda gunakan.

Dengan perawatan genset yang sesuai, anda bisa memiliki genset dengan umur yang lebih panjang dari rata-rata umur genset. Walaupun anda harus menyediakan waktu dan mengeluarkan uang untuk melakukan perawatan, namun tidak masalah. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, hal tersebut juga berlaku untuk genset.

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara sederhana seperti apa cara-cara yang bisa anda lakukan untuk merawat genset Maxtron dan merek lainnya dengan benar:

  • Letakkan di tempat yang aman, jauhkan dari percikan air, sinar matahari langsung termasuk hal-hal lain yang mungkin berisiko menimbulkan kerusakan atau menyebabkan sengatan listrik.
  • Periksa bahan bakar secara rutin, jangan sampai ketika anda menggunakannya ternyata bahan bakar yang tersisa tidak cukup karena hal tersebut dapat membuat genset cepat rusak akibat kekeringan.
  • Operasikan genset dengan cara yang benar, kalau anda tidak yakin lebih baik anda membaca buku petunjuknya. Pastikan anda menggunakan genset dengan benar, sehingga ketika genset rusak hal tersebut bukan karena kesalahan anda.
  • Seperti kendaraan bermotor, sangat penting untuk mengecek oli pada genset secara berkala. Ketika oli sudah terlihat mulai menghitam, volume berkurang di bawah normal atau berkeruh maka sebaiknya anda mengganti oli tersebut. Akan lebih baik lagi ketika anda rutin mengganti oli setiap enam bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *